Sejarah dan Keunikan Berdirinya Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang merupakan salah satu Rumah adat yang ada di Propinsi Sumatera Barat. Rumah ini dibangun sudah sejak dari 300 tahun yang lalu

Mengunjungi Rumah Tua yang Kokoh, Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Sudah pernahkah anda pergi ke Propinsi Sumatera Barat? Jika sudah pernah, apakah anda sempat mengunjungi sebuah bangunan rumah adat bernama Rumah Gadang Kampai Nan Panjang yang terletak di daerah desa Balimbing? Bila jawaban anda belum pernah, maka anda sebaiknya menyempatkan diri untuk datang ke sana dan melihat keindahan stuktur bangunan rumah yang kokoh dan dibangun tanpa paku sedikitpun.

Sejarah dan Struktur Bangunan Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Rumah Gadang Kampai Nan Panjang merupakan rumah hunian yang atau tempat tinggal bersejarah yang usianya sudah sangat tua yaitu lebih dari 300 tahun. Rumah ini memiliki arsitektur bergaya khas Minang dan sebagian besar bangunannya belum mengalami pembaruan baik dari segi struktur ataupun bahan bangunannya.

 

Didirikan oleh Datuk Penghulu Basa dari Suku Kampai Nan Panjang, rumah bersejarah ini dibangun seperti rumah gadang pada umumnya yaitu tanpa menggunakan paku sedikitpun dengan atap yang bergonjong empat dan terbuat dari ijuk. Rumah ini juga tidak berplafon sehingga bisa langsung terlihat tulang-tulang yang menyusun rangka atapnya.

 

Keseluruhan bangunan Rumah Gadang Kampai Nan Panjang bagian luar ini terdiiri dari kayu berwarna hitam dan juga hanya memiliki satu pintu masuk terletak di bagian tengah rumah. Lantainyapun rata dan terdapat tangga yang letaknya di tengah-tengah rumah. Umumnya, rumah gadang mempunyai ruangan yang jumlahnya ganjil antara 5, 7, 9, dan seterusnya, begitupun dengan rumah gadang yang satu ini.

 

Kemudian terdapat juga 7 bilik atau kamar yang berbentuk persegi empat dan biasanya digunakan untuk tempat tidur. Letak kamar tidur tersebut ada di dalam ruangan di bagian belakang yang ternyata mempunyai pintu masuk berbentuk oval dengan diameter yang sangat kecil yaitu 30 cm. Itu sebabnya jika ingin masuk ke dalam kamar harus dengan cara membungkuk.

Layaknya sebuah rumah hunian, di adalam Rumah Gadang Kampai Nan Panjang juga ada dapurnya dan terdapat tungku yang terbuat dari tumpukan batu di sana. Selain itu, dibagian tengah rumah ini juga terdapat sebuah ruangan terbuka tanpa adanya sekiat dan bilik.

Jika anda mengunjungi Rumah Gadang Kampai Nan Panjang , anda akan melihat bahwa tepat di sebelah kanan dan kiri pintu masuk terdapat peti kayu berbentuk persegi panjang yang kira-kira panjangnya sekitar 2 meter. Peti ini dinamakan Aluang Bunyian  yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang berharga. Selain itu, peti tersebut juga terbuat dari kayu jati dan mempunyai penutup yang bisa dibuka dengan cara diangkat atau digeser.

Letak Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Lokasi dari  Rumah Gadang Kampai Nan Panjang yaitu berada sekitar 13 kilometer dari Batusangkar atau lebih tepatnya berada di Nagari Belimbing, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bila anda ingin mengunjungi tempat ini, anda bisa menggunakan kendaran pribadi atau kendaraan umum. Sleain itu jika anda menggunakan jasa agen travel padang dengan pilihan paket tour anda akan di bawa melalui program tour 3hari 2malam , maka akan menjadi lebih mudah.