Goa Batu Kapal, Lokasi Wisata Baru Di Solok Selatan

Solok Selatan Sumatera Barat kian memiliki banyak destinasi wisata, termasuk Goa Batu Kapal yang menjadi primadona baru walaupun sebenarnya telah ditemukan sejak tahun 1984 silam tetapi jarang dilirik sebagai tujuan wisata. Destinasi wisata ini sebelumnya hanya dilihat sebagai onggokan batu kapur dalam semak belukar  yang menjadi rumah untuk kawasan kelelawar dan burung wallet. Tetapi saat ini rasanya tak ada orang yang tak akan berdecak kagum saat menginjakkan kaki ke tempat ini. Anda seolah memasuki sebuah tempat yang mistis saat menjelajah gua ini apalagi dengan hiasan stalagtit dan stalagmite yang terbentuk alami, terlihat indah dan berwarna-warni.

Sekilas tentang Goa Batu Kapal

Di dalam goa sesekali Anda akan mendengar gemericik air yang menetes dari sela bebatuan di atap gua. Fenomena geologi ini sungguh terlihat menakjubkan sehingga cocok sekali menjadi destinasi wisata sekaligus edukasi bagi pengunjung. Goa Batu Kapal ini berada di daerah pusat perkebunan sawit paling besar di Solok Selatan. Tepatnya adalah di Kecamatan Sangir Balai Janggo di Jorong Ngalau Indah Tahap 1, Nagari Sungaikunyit Barat.

Mengapa diberi nama Batu Kapal, konon masyarakat setempat melihat bentuk gua ini yang bagaikan kapal. Apalagi ada 4 lorong yang terbuat dari batu kapur sehingga diumpamakan 4 kabin ruangan pada kapal. Goa ini baru populer sebagai lokasi wisata karena Pemerintah Kabupaten Solok yang berniat menambah penghasilan daerah serta meningkatkan pembangunan dari sector pariwisata.

Setelah diresmikan, selama liburan lebaran di tahun 2017 ini goa tersebut telah dikunjungi hingga sebanyak 21.426 wisatawan.Tak hanya sekedar sebagai obyek wisata, Goa Batu Kapal bahkan mulai diminati oleh Komunitas Geopark Ranah Minang (GRM) sebagai obyek penelitian. Dari hasil riset tersebut nantinya akan dijadikan referensi apakah goa tersebut layak sebagai Geopark Nasional.

Lokasi wisata ini berada sekitar 35 km dari pusat ibukota Solok Selatan yaitu Padang Aro. Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi wisata Anda akan menyaksikan panorama cantik sungai Batang Sangir yang banyak diminati para pecinta olahraga menantang arung jeram. Selain itu ada pula pemandangan bukit barisan yang menghijau mengelilingi kawasan tersebut. Setelah berkendara selama 1 jam Anda akan tiba di gerbang masuk gua tersebut.

Tetapi perjalanan Anda belum usai karena untuk mencapai lokasi Anda masih harus berkendara sejauh 4 km. Perlu diketahui bahwa jalur menuju obyek wisata masih berupa tanah dan bebatuan sehingga harus menggunakan kendaraan yang sesuai dengan medan. Tiba di lokasi parkirlah kendaraan Anda dan lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sejauh sekitar 250 m. Untuk mencapai pintu gua Anda harus melintasi perkebunan sawit diselingi sesemakan dan ilalang liar.

Untuk berlibur dengan nyaman ke Goa Batu Kapal, travel organizer Pelangiholiday.com adalah mitra yang paling tepat untuk Anda.