Danau Tarusan Kamang Tempat Wisata Unik di Kaki Bukit Barisan

Terusan Kamang danau yang dibilang sangat unik. Alsananya adalah, karena air danau ini bisa pasang dan surut karena hanya terisi air pada musim-musim tertentu saja.

Misteri dan Keunikan Danau Tarusan Kamang di Agam Sumatera Barat
Bagi anda yang menyukai wisata air, terutama wisata danau, mungkin objek wisata yang satu ini bisa menjadi salah satu referensi tujuan tour wisata yang akan anda kunjungi selanjutnya. “Tarusan Kamang” merupakan nama sebuah danau yang terletak di Jorong Babukik, dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Keunikan Danau Tarusan Kamang
Banyak orang yang mengatakan bahwa danau Tarusan Kamang sangat unik karena airnya bisa pasang dan surut. Hal ini disebabkan karena air dari danau ini hanya terisi pada musim-musim tertentu saja. Di suatu saat, danau ini bisa terlihat luas dan airnya banyak, tetapi di waktu yang lain, danau ini bisa mengecil dan kemudian berubah menjadi hamparan padang rumput yang hijau dan indah.

Jika Tarusan Kamang sedang banyak airnya dan menjadi danau yang luas, ada tempat dibagian tengahnya yang berupa tumpukan tanah yang tidak terbenami oleh air. Msyarakat sekitar kemudian menyebutnya dengan Padang Doto.

Objek wisata ini sendiri dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat untuk budi daya ikan, memancing, untuk kubangan kerbau, atau bahkan untuk mandi. Di saat air danau ini surut, warga bisa mendapatkan keuntungan karena mereka bisa mendapatkan ikan-ikan yang tertangkap dalam tambak-tambak yang dipasang warga.ikan-ikan tersebut seperti ikan nila, rayo, panser, pantau, dan ikan bada putih.

Danau yang terletak di kaki Bukit Barisan dan berada sekitar 14 kilometer dari Bukittinggi ini dipercaya bahaw dulunya merupakan sebuah lautan. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli geologi di Indonesia yang mengatakan bahwa di danau tersebut terdapat banyak batu kapur yang padahal biasanya ditemukan di daerah pantai.

Selain keunkan itu, masyarakat sekitar jug apercaya bahwa ada sungai bawah tanah di bawah danau Tarusan Kamang tersebut. Hal ini berdasarkan misteri menghilangnya air danau dan munculnya kembali air tersebut dari celah padang rumput yang hijau yang tidak dapat diprediksikan waktunya. Terkadang danau ini bisa menjadi danau dalam waktu yang cukup lama, kemudian pada waktu tertentu danau ini bisa surut dan menjadi padang rumput hijau luas yang indah dan menyegarkan dalam kurun waktu yang cukup lama juga.
 
Karena keunikan dan misteri dari hilang dan munculnya air danau ini, membuat danau Tarusan Kamang menjadi salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi,jika anda berkunjung ke danau ini, anda mungkin perlu untuk mencari beberapa informasi tentang keadaan dan status danaunya. Apakah danau tersebut sedang menjadi danau yang luas ataukah masih berupa padang rumput yang hijau. Selain menggunakan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakan paket wisata tour dengan pelangi holiday untuk mengantar anda kesana.