Air Terjun Lembah Harau, Moment Terbaik Berkunjung Disaat Musim Hujan

Indahnya Air Terjun Lembah Harau merupakan salah satu destinasi yang layak untuk Anda kunjungi selama liburan di Sumatera Barat. Meski letaknnya cukup jauh dari pusat kota Padang, yakni sekitar seratus tiga puluh meter, tetapi Anda tak akan menyesal telah. Mengunjungi lembah ini.

1. Keindahan Alam yang Mempesona

Maklum saja, Lembah Harau menawarkan keindahan alam yang sangat memesona. Lembah Harau memiliki tujuh sarasah alias air terjun dengan ketinggian yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Lembah ini terbentuk dari proses alamiah, yakni adanya patahan turun yang membentuk lembah. Konon salah satu tandanya adalah keberadaan air terjun di sekitar kawasan. Secara geologi, destinasi wisata masyarakat Minangkabau ini sudah berumur sekitar puluhan juta tahun.

2. Dua Deretan Tebing

Uniknya, Lembah Harau ini pun diapit oleh deretan terbing terjal setinggi empat ratus meter. Hal tersebut wajar mengingat topografi Lembah Harau yang berupa daratan bergelombang dan berbukit. Alhasil, panorama yang disuguhkan objek wisata ini luar biasa indah. Bahkan Anda akan takjub dibuatnya.

3. Jejeran Perbukitan

Dari kejauhan Anda dapat melihat dengan jelas kawasan perbukitan lainnya, seperti Bukit Air Putih, Bukit Singkarak, Bukit Jambu, dan Bukit Tarantang. Jika Anda mau, Anda bisa melakukan penjelajahan singkat di sekitar kawasan.

Kapan Waktu Terbaik Menikmati Keindahan Air Terjun di Lembah Harau?

Meski Anda dapat mengunjungi Lembah Harau kapan pun, tetapi ada waktu terbaik untuk menikmati keindahannya. Jika Anda datang di waktu terbaik maka keindahan alam yang akan Anda saksikan meningkat hingga dua kali lipat.

Lantas kapan waktu terbaik untuk menyaksikan keindahan Lembah Harau? Jawabannya adalah musim penghujan, yakni sekitar bulan November hingga Maret.

Selama musim penghujan, pesona Lembah Harau kian terlihat. Selain debit air terjunnya yang meningkat, Anda akan melihat perpaduan warna alam yang indah. Di mana tebing yang menjulang tinggi tampak lebih berwarna dan dihiasi oleh pepohonan hijau nan rindang.

Anda pun akan terpana dengan warna alami yang tercipta di dinding air terjun dan bebatuan di bawahnya yang terkena cipratan. Warna khas akibat tetesan air terjun membuat suasana alam yang tercipta semakin syahdu.

Rasakan bagaimana suara alam membimbing Anda menuju kedamaian. Dengan suara aliran air yang merdu, embusan angin, dan desik dedaunan.Dijamin Anda tak akan bosan berada di tempat ini. Bahkan, banyak orang sudah berkali-kali datanng hanya untuk menikmati keindahan Air Terjun Lembah Harau.

Legenda Puteri Raja di Lembah Harau

Tak ada yang menampik keindahan Lembah Harau. Namun, tahukah Anda bahwa lembah ini pun memiliki legendanya sendiri?

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, dulunya di atas tebing Lembah Harau berdiri sebuah kerajaan dengan lembahnya sebagai lautan. Suatu ketika, sang puteri raja nekat terjun ke lautan lantaran cintanya tak direstui oleh sang raja.

Demi menemukan jasad sang puteri, raja memerintahkan seluruh rakyatnya untuk mencari. Anehnya, hingga lautan dikeringkan, tubuh sang puteri tidak ditemukan. Inilah cikal bakal Lembah Harau. Di mana lautan yang dikeringkan tersebut kini menjadi tempat favorit para warga untuk bersantai.

Meski tebingnya tergolong curam, tak sedikit wisatawan yang tertantang untuk melakukan pendakian. Tak hanya itu saja, lembah ini pun kerap digunakan sebagai tempat latihan vokal dan melepas penat.

Bagi Anda yang hendak berlibur ke Sumatera Selatan, sempatkanlah diri untuk mengunjungi Air Terjun Lembah Harau. Dijamin, Anda tak akan menyesal! Pastikan untuk datang musim penghujan ya!